Senin, 27 Januari 2014

Pantai Sipelot


Wisata di Malang memang menjadi magnet bagi wisatawan dalam kota maupun luar kota untuk mengunjungi pantai . Salah satu wisata yang masih terbilang perawan adalah Pantai Sipelot . Terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtuyodo, Dampit Selatan, Malang . Berada di sekeliling perbukitan kapur yang penuh tumbuhan hijau, pantai ini memberikan kesejukan dan kesegaran alami pantai untuk para pengunjung. Ditambah lagi, bentuknya yang menyerupai teluk dengan tabuaran pasir pantai berwarna kecoklatan, semakin memperjelas keindahan hamparan luas lautan biru yang jernih alami.
Melihat kondisi pantai dan kehidupan penduduk disini nampak terlihat Pantai Sipelot jarang didatangi oleh wisatawan. Apalagi dijadikan tempat tujuan wisata. Rata-rata yang datang adalah orang-orang yang punya jiwa petualang dan hobi mendatangi tempat-tempat yang jarang dikunjungi. Tidak jauh dari Sipelot, terdapat satu lagi pantai perawan yang tidak kalah cantiknya. Lokasinya dibalik bukit sebelah Barat Pantai Sipelot. Penduduk di sana menyebutnya Pantai Lenggosono.
Pantai Dan Coban Sipelot

Daya tarik lainya disini adanya air terjun di dekat Pantai Sipelot ini, oleh penduduk setempat dinamakan Coban Sipelot. Untuk mencapainya Anda harus menyeberangi teluk terlebih dahulu. Di sini banyak perahu nelayan yang bisa mengantarkan menuju Coban Sipelot dengan biaya sekitar Rp 50 ribu. Coban ini tidak terlalu tinggi hanya sekitar 10 meter. Dengan memakai perahu Anda juga bisa menikmati indahnya laut sambil menggunakan sampan. Selain itu pengunjung bisa melihat lebih dekat Watu Gedeg atau sebutan sebuah karang yang mirip dinding dari bambu.
Pantai Dan Coban Sipelot 3
Konon nama asli pantai ini adalah Spelot yang berasal dari bahasa Belanda dan artinya persinggahan. Menurut sejarahnya pada zaman dahulu pantai ini memang menjadi tempat persinggahan paling nyaman bagi Belanda. Di pinggir pantai biasanya terdapat puluhan kapal nelayan berjajar. Keberadaan perahu ini seolah merusak pemandangan pantai yang sebenarnya cukup indah. Banyaknya nelayan inilah menjadikan potensi wisata pantainya agak meredup. Tidak begitu banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan. Sebaiknya untuk ke depannya dilakukan penataan nelayan sehingga pantai  kembali cantik dan menarik.

sumber: http://berita.grosirkeripik.com/pantai-dan-coban-sipelot/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar