Senin, 27 Januari 2014

Pantai Kondang Merak Pesisir Selatan Jawa Timur


Pantai Kondang Merak adalah sebuah pantai di pesisir selatan provinsi Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Donomulyo. Pantai ini terletak 2 km di sebelah Pantai Balekambang. Tetapi Pantai Kondang Merak lebih sepi dan lebih alami daripada Balekambang, karena itu pantai ini dapat menjadi alternatif wisata jika bosan dengan ramainya Balekambang.Pasir Pantai Kondang Merak - Jawa Timur : Pantai Kondang Merak Pesisir Selatan Jawa Timur
Meskipun masih belum begitu terkenal di kalangan wisatawan, Pantai Kondang Merak sungguh indah dan memiliki panorama yang cantik. Keunikan dari Pantai Kondang Merak adalah karangnya yang besar dan hamparan pasir putihnya yang terasa lembut di kaki.
Keindahan karang di Pantai Kondang Merak semakin menonjol jika air surut karena karang yang selama ini tertutup air akan muncul ke permukaan.

Pantai Kondang Merak berlokasi di Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Kabupaten Malang Selatan atau Bantur. Merupakan pantai yang masih alami dan penghasil berbagai ikan hias.
Kondang Merak merupakan salah satu pantai selatan yang berlokasi di Batur, Malang, Jatim. Selain indah, konon dahulu pantai ini banyak didatangi burung merak. Ada juga pengunjung yang suka mandi tanpa busana di pantai ini!
Nama Kondang Merak berasal ketika penduduk setempat sering melihat burung Merak singgah untuk meminum air tawar yang terdapat di sekitar pantai, Pantai itu pun menjadi terkenal karena burung Meraknya, hingga munculah sebutan nama “Pantai Kondang Merak”.
Konon, nama Kondang Merak bermula ketika dahulu banyaknya burung merak yang mencari air minum di pantai ini. Air di pantai ini memiliki rasa payau. Ini terjadi akibat percampuran antara air laut dan air tawar. Mulai sejak itulah pantai ini menjadi terkenal dengan sebutan Pantai Kondang Merak.
Rute menuju ke Pantai Kondang Merak sama persis jika ingin menuju Pantai Balekambang. Nanti akan melihat papan informasi yang menunjukkan jalan mana yang harus ditempuh jika ingin ke Pantai Kondang Merak. Perjalanan membawa sepeda motor juga harus ekstra hati-hati selama di perjalanan karena kondisi jalan yang masih jelek.
Setelah sampai di pantai akan melihat sebuah batu karang besar yang berdiri dengan kokoh serta pantai yang rindang karena terdapat banyak pepohonan hijau. Perjalanan yang terganggu karena jalan yang tidak bersahabat, akan langsung tergantikan dengan kecantikan Kondang Merak.
Akses
Jalur 1 : Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur – Kondang Merak
Jalur 2 : Terminal Arjosari – Turen – Gondang legi – Bantur – Kondang merak
Jarak Tempuh : 68 Km sebelah selatan dari kota malang.
Banyak terdapat karang-karang yang cukup meredam arus pantai. Melihat batu karang yang kokoh dengan deburan ombak yang tenang, serta hamparan pasir putih yang lembut, menjadi sajian panorama yang terbentang luas dari Pantai Kondang Merak.
Karang dan tebing yang menghiasi sekeliling Pantai Kondang Merak seakan memperindah kecantikan pantai ini. Dengan tebing-tebingnya yang kokoh, menjadi seni yang tak akan mampu dibuat oleh manusia.
Begitu juga karang yang terlihat saat air laut surut, membuat Pantai Kondang Merak terlihat eksotis. Ditambah lagi adanya hutan dengan pepohonan permai membuat suasana hati menjadi nyaman dan tentram saat berada di pantai ini.
Pantai yang tenang ini bisa membuat Anda kehilangan sinyal dari dunia luar. Di sini tidak terdapat sinyal untuk ponsel. Jadi silahkan nikmati tekstur pantai yang mengingatkan saya dengan Pantai Indah Popoh.
Pantainya berlumut dan memiliki banyak tumpukan terumbu karang, spons, dan kerang di penghujung pantainya. Yang paling unik dari pantai ini adalah pasirnya yang besar-besar seperti merica, mengingatkan saya seperti Pantai Kuta di Lombok.
Namun ada lagi satu hal yang cukup unik dan bisa membelalakan mata Anda. Ternyata orang-orang yang berkemah di sekitar pantai, memiliki ritual tersendiri di pantai ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar